Open Conference Systems, 1st KBP COnference

Font Size: 
Variety Seeking And Dissatisfaction Toward Brand Switching Of Tokopedia E-Commerce Application Users To Shopee
Puja Rama putra Adhithiya, Febsri Susanti

Last modified: 2024-07-02

Abstract


This research aims to explore the influence of variety seeking and dissatisfaction on the decision of brand switching from Tokopedia's e-commerce application users to Shopee among students of STIKes Alifah Padang. The population of the study includes all Tokopedia application users who switched to Shopee among active students of STIKes Alifah Padang for the Even Year 2022, with a total population of 1,274. The sample was taken using a random proportion technique, resulting in 304 respondents. Data were collected through questionnaires, and the analysis was conducted using multiple linear regression and t-test with the assistance of Excel and SPSS. The research results indicate that variety seeking and dissatisfaction have a positive and significant influence on the decision of brand switching from Tokopedia's e-commerce application to Shopee.


Keywords


variety, seeking, dissatisfaction, decision

References


Anisur, Rahman. 2017. Exploring Satisfaction/Dissatisfaction and Public Confidence in the ITS Environment; Implications to CRM and Public Policy. Thesis, KDI School of Public Policy and Management.

Arianto., A., B. (2013). Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen | Volume 11 | Nomor 2 | Juni 2013 ISSN: 1693-5241.

Bashori., A. (2018). Pengaruh Ketidakpuasan Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Smartphone Samsung Ke Merek Smartphone Lain Di Wilayah Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 6 Nomor 1 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Hartati, H., dan Susanti., F. (2019). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dengan Kebutuhan Mencari Variasi Sebagai Variabel Moderasi Pada Cv. Max-Indo Padang. Google Scholar, OSF Preprints. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP.

Indriani., V dan Magdalena., (2018). M. Analisis Dampak Service Performance Dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BPR X Koto Singkarak. Google Scholar, STIE “KBP” Padang.

Indriani., A., R dan Pasharibu., Y. (2020). Pengaruh Mencari Variasi, Ketidakpuasan Konsumen, Harga Dan E-wom Terhadap Perpindahan Merek (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Galaxy Series yang Berpindah ke iPhone). Jurnal Ekobis Dewantara, Vol. 3 No. 2 Mei 2020.

Peter, J Paul dan Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P, dan Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, R. C. S. D., Walenta, A. S., Yasa, N. N. K., Mayliza, R., Suhendar, A. D., Permatasari, R. W., ... & Sari, L. F. (2023). Pengantar Manajemen Bisnis.

Marlius, D., & Melaguci, R. A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Semen Padang Departement Sumber Daya Manusia. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1168-1180.

Marlius, D., & Syahrin, A. (2024). Pengaruh Promosi Jabatan, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Padang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1338-1351.

Marlius, D., & Yulita, W. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Bupati Solok Selatan. Ensiklopedia of Journal, 6(3). 271-280.

Marlius, D., & Friscilia, T. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Padang. Jurnal Pundi, 8(1).

Saputra, S. W., & Marlius, D. (2024). Pengaruh Beban Kerja, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PDAM Tirta Sanjung Buana Sijunjung. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1181-1194.

Montolalu., I., T, Mandey., S., L., dan Poluan., J., G. (2018). Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk Dan Iklan Produk Pesaing Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Sabun Pembersih Wajah Pada Supermarket Grand Central Tomohon. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 2178 – 2187, ISSN 2303-1174.

Retnaningsih., W. (2010). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Volume 6 Nomor 2. Januari 2010.

Santoso, Singgih. 2014. Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media.

Sarwono, Jonathan. (2018). Statistik Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.

Septiani., S, Purwanti., R., S dan Toto. (2020). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching (Suatu Studi pada Konsumen Toko Elin Kosmetik yang Berpindah dari Sariayu ke Wardah). Business Management and Enterpreneurship Journal, Volume 2 | Nomor 3 | September 2020.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Suharseno., T, Hidayat., R dan Dewi., D., A., L. (2013). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Karakteristikkategori Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dengan Kebutuhan Mencari Variasi Sebagai variabel Moderasi. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Vol. 18, No. 2, Agustus 2013.

Tang, Esther P. Y. & Chin, Iris O. K. 2007. Analyzing Variety Seeking Behavior Using Panel Data. Journal of International Consumer Marketing, Vol. 19(4) 2007, http://jicm.haworthpress.com, © 2007 by The Haworth Press, Inc. All rights reserved. doi:10.1300/J046v19n04_02

Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Yunita., D dan Rosa., A. (2016). Pengaruh Mencari Variasi, Ketidakpuasan Dan Ketidak Tersediaan Produk Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 14 No.4 2016.

Wong, K, H., Chang, H, H and Yeh, C, H. 2019. The Effects of Consumption Values And Relational Benefits On Smartphone Brand Switching Behavior. Information Technology & People, Vol. 32 No. 1, 2019, pp. 217-243, © Emerald Publishing Limited, DOI 10.1108/ITP-02-2018-0064


Full Text: PDF