Open Conference Systems, 1st KBP COnference

Font Size: 
The Influence Of Customer Relationship Management On Loyalty In CV Dealers Haris Motor Nagari Surantih Sutera
Dio Putra Wardhana

Last modified: 2024-12-12

Abstract


Customer Relationship Managementas the core of business which aims to produce quality value for target consumers as a profit. There are four concepts of Customer Relationship Management activities, namely identify, differentiate, interact, and customize. Therefore, it is hoped that with Customer Relationship Management activities, loyalty can be increased. The research objective is to discuss whether there is an influence of Customer Relationship Management (CRM) on customer loyalty. This research was conducted by inviting questionnaires to consumers. Testing and managing data using SPSS version 16 with the help of regression and simple methodology. In the Customer Relationship Management test results on loyalty which has a t-value of 4.390 with a significant value of 0.00 when compared with t-table 1.98793, t-count is greater than t-table (4.390> 1.98793), it can be It means that Ho is expected to be accepted. This means that Customer Relationship Management has a positive and significant effect on loyalty at the CV Dealer. Haris Motor Surantih Sutera District.


Keywords


Customer, Relationship, Management, Loyalty, Influence

References


Faisal, M., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Pada Produk OPPO Smartphone Di Jaya Ponsel Payakumbuh. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2), 296-312.

Fitri, S. Y., & Susanti, F. (2023). Harga, Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa STKIP Dan STIE Widyaswara Indonesia Solok Selatan). Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 1(2), 140-159.

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801-1812.

Hamid, A., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Pengguna Layanan Go-Jek di STIE-KBP Padang). JURNAL ECONOMINA, 2(3), 836-847.

Kusuma, R. C. S. D., Walenta, A. S., Yasa, N. N. K., Mayliza, R., Suhendar, A. D., Permatasari, R. W., ... & Sari, L. F. (2023). Pengantar Manajemen Bisnis.

Maharani, N., & Susanti, F. (2023). Kualitas Produk, Testimoni, dan Endorsment Terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Emina di Transmart Padang. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(2), 239-258.

Mawita, F., & Susanti, F. (2023). Brand Ambassador, Purchase Interest And Testimonies On Online Purchase Decisions In Instagrams In Students In Pandai Sikek Village. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(2), 291-309.

Marlius, D., & Anwar, F. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Company Reputation Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Pundi, 7(2), 185-200.

Marlius, D., Anwar, S., & Putra, R. Y. (2024). Kinerja Pegawai dilihat dari Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Etos Kerja. JURNAL PUNDI8(2), 103-114.

Marlius, D., & Darma, K. P. K. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Oppo Pada Toko Faiqah Ponsel Di Ujung Air, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jurnal Economina, 2(1), 15-27.

Marlius, D., & Noveliza, K. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Converse Pada Toko Babee. Shopp Padang. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 2(1), 255-268.

Marlius, D., & Putra, M. R. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang Pada PT. Sumber Niaga Interindo (Distributor). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1085-1104.

Marlius, D., & Melaguci, R. A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Semen Padang Departement Sumber Daya Manusia. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1168-1180.

Marlius, D., & Syahrin, A. (2024). Pengaruh Promosi Jabatan, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Padang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1338-1351.

Marlius, D., & Friscilia, T. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Padang. Jurnal Pundi, 8(1).

Marlius, D., & Yulita, W. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Bupati Solok Selatan. Ensiklopedia of Journal, 6(3). 271-280.

Saputra, S. W., & Marlius, D. (2024). Pengaruh Beban Kerja, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PDAM Tirta Sanjung Buana Sijunjung. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1181-1194.

Monica, C., & Marlius, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Nagari cabang Muaralabuh. Jurnal Pundi, 7(1), 53-62.

Ramanto, I., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Service Quality Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Dalam Pembelian Secara Online Produk Bukalapak. Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi, 1(2), 141-157.

Susanti, F., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Country of Origin, Brand Image dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/i SMKN 1 Painan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 1318-1331.

Susanti, F., & Edgina, D. (2021). Pengaruh Pelayanan Keluhan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui ACPI PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Padang. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 47-58.

Susanti, F., & Nasri, R. J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Scoopy Pada Pt Menara Agung Kota Padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), 399-411.

Susanti, F., & Rahmadhani, S. (2022). Pengaruh Peranan Customer Service Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Customer Satisfaction Di Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Solok. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 1126-1154.

Susanti, F., Marahmi, F. L., & Marlius, D. (2022). Buying Iintention Dilihat Dari Celebrity Endorsement Dengan Self Brand Connection Sebagai Variabel Mediasi Pada Smartphone OPPO Di Risal Cell Solok Selatan. Jurnal Pundi, 6(1).

Susanti, F., Marlius, D., & Kahirumi, S. (2021). Customer Satisfication Pada Pembelian Smartphone Samsung Dilihat Dari Trust In Brand, Brand Image Dan Word Of Mouth Di Sarana Smartphone Kota Solok. Jurnal Pundi, 5(1).

Ugra, F., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Mutu Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Simanis Pada Pt. Bpr Raga Dana Sejahtera. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), 358-373.

Eliza, Y., Rukmawati, B., & Mardhiyah, W. Influence of Work Commitment as an Intervening Variable Relationship between Work Competency Variables, Organizational Support to the Performance of Tourism Conscious Group Managers in Padang Pariaman Regency.

Astuti, W., Yuliza, P. N., Pitra, P. N., Anjani, L., & Eliza, Y. Factors That Affect Performance By Using Work Motivation As Intervening. Work, 1, 0-187.

Alfrinaldi, Z., Junaili, T., Aulia, M., & Eliza, Y. Factors That Affect the Performance of Employees of the Procurement of Goods and Services Solok City Regional Secretariat.

Yulina, Y. E., Suheri, S., & Andria, Y. (2022). Performance Improvement Model Through Task Commitment as Intervening. International Journal of Islamic Business and Management Review, 2(2), 217-226.

Putri, I. E., & Afriyeni, A. (2023). Pengaruh Dimensi Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Kosmetik Merek Make Over Di Kota Padang. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 72-100.

Itniwardani, I., & Afriyeni, A. (2023). Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 85-100.

Nurfalia, S. (2023). The Influence of Discipline and Compensation on Employees Performance at PT. Federal International Finance (FIF Group) Sawahan. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(1), 113-126.

Heryanto, H., & Syukrial, S. (2022). Analisa Nilai Perusahaan Industri Rokok di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(1), 107–118. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i1.23990

Dewi, M. K., Meirina, E., & Septiano, R. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Yang Efektif Untuk Usaha Budi Daya Madu Lebah Tanpa Sengat/Galo-Galo (Trigona Sp) Pada Cv Shahabat Madu Di Kota Padang. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(2), 282-291.

Andria, Y., Welly, M., Oktavia, M., & Nofyadi, N. (2022). Effect Of Work Environment, Compensation, Work Discipline And Work Ethos To Performance Of Employee Agency And Human Resources Development Mentawai Islands District. Jurnal Ekonomi, 11(03), 714-725.

Andria, Y., Muliardi, M., Afridon, A., & Marsen, M. (2022). The Effect Of Leadership Style, Work Environment, Work Motivation And Job Satisfaction On The Performance Of Pauh Camat Office Employees Padang City. Jurnal Ekonomi, 11(03), 441-452.

Eliza, Y., Andria, Y., & Adriani, E. (2022). Model Peningkatan Kinerja Melalui Disiplin Kerja Sebagai Intervening pada Pegawai Dinas Pendidikan Kota Padang. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(1), 333-339.

Eliza, Y., Andria, Y., & Muslim, I. (2022). Model Peningkatan Kinerja Melalui Motivasi Kerja Sebagai Intervening Karyawan PT. Incasi Raya Padang. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 13(2), 158-162.

Eliza, Y., Resvianti, Y., Saputra, Y. E., & Yuharmen, Y. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Pegawai BPKPD Kota Pariaman. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(2), 175-184.

Sari, L., & Septiano, R. (2023). Peran Kinerja terhadap Saham Perbankan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6103-6109.

Eprianto, A., & Septiano, R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Arus Kas Masa Depan Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman. Journal of Social and Economics Research, 5(1), 039-048.

Kasman, I., & Afriyeni, A. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobil Banking di PT. BNI di Lubuk Alung. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11), 5269-5277.

Rahmadia, A., & Afriyeni, A. (2024). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Nagari Cabang Ujung Gading. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 01-18.

Eliza, Y., Apriyeni, D., Sutiyem, S., & Trismiyanti, D. (2024). What Factors Affecting Patient Satisfaction?. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences, 3(1), 64-70.

Eliza, Y. (2024). Analysis of Factors Affecting Performance With Work Motivation As Intervening West Sumatra Shipping Polytechnic. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences, 3(1), 84-94.

Septiano, R., Defit, S., & Limakrisna, N. (2024). Mediating Effect of Customer Satisfaction in Enhancing Customer Loyalty. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(6), e05517-e05517.

Len, Y. E., Andria, Y., Muslim, I., & Putri, A. Work Commitment As An Intervening In Disaster Management Performance. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 19(1), 48-59.

Mayliza, R., Afriyeni, A., Suryadi, N., & Yusnelly, A. (2023). Profitabilitas Memediasi Pengaruh Alokasi Pajak Antar Periode, Persistensi Laba, Terhadap Kualitas Laba. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 8826-8836.

YW, L. M., Heryanto, H., Irawati, L., Febrina, M., & Helmiyetti, H. (2023). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pulau Punjung. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(2), 341–348. https://doi.org/10.32493/JEE.v5i2.27900

Afriyeni, Revy Verninda Rinesia, & Abdul Hamid. (2023). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi, Inovasi Produk, dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Sektor Kuliner Kota Padang. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 6(1), 115–126. https://doi.org/10.24090/mabsya.v6i1.10895

Octarina, I., & Afriyeni, A. (2023). Pengaruh Self Efficacy dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28856-28869.

Edmizar, L., Delmaira, R., Dewenti, N., & Afriyeni, A. (2024). Pengaruh Komitmen Organisasi, Iklim Organisasi, Budaya Organisasi Dan Person Organizational Fit Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kerinci. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 118-138.

Sari, R. P., & Afriyeni, A. (2023). Pengaruh Organizational Support, Social Support, dan Self Efficacy terhadap Work Family Conflict Tenaga Kependidikan Non PNS di Direktorat Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28870-28880.

Septiano, R., & Sari, L. (2024). Perubahan net profit margin dan dampaknya terhadap harga saham: Tinjauan pada industri makanan dan minuman. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(2), 731-738.

Afriyeni, A., & Utami, K. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Andalas Agro Industri (Aai) Kabupaten Pasaman Barat. Ensiklopedia of Journal, 6(3), 63-70.

Heryanto, H. (2024). Dampak Konflik Kerja Dan Lingkungan Kerja Pada Kinerja Pptk: Peran Intervensi Motivasi Pptk. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1688-1699.

Heryanto, H. (2024). Analisis Pengaruh Faktor Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 7(3), 667-678.

Sari, L., & Septiano, R. (2024). Inflasi Terhadap Laba Perusahaan Perbankan Di Indonesia. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(2), 804-813.


Full Text: PDF